Friday, April 4, 2014

Celoteh mahasiswa semester akhir

Selamat malam teman-teman, entah kenapa malam ini lagi pengin nulis. ya udah mumpung lagi buka akun google sekalian aja nulis blog. memang  agak jauh dari judul blognya yang biasa membahas review-review mobil dalam bahasa inggris. yang belum kenal saya, perkenalkan nama saya melky saya seorang mahasiswa jurusan teknik informatika yang berkuliah di salah satu universitas swasta di kota yogyakarta. saat ini saya sudah memasuki semester 8. Berarti sedang skripsi dong? ya banyak yang bilang seperti itu. tapi perjalanan kuliah saya agak kurang lancar, bukannya saya kurang pintar (hehe menurut saya lho ini) tapi sedikit tersendat karena di kampus saya sebelum seorang mahasiswa mengambil skripsi (kalau di kampus saya namanya Tugas Akhir) diharuskan menyelesaikan Kerja Praktek. Sesuai dengan jurusannya dalam kerja praktek saya membuat aplikasi berbasis desktop


Mungkin bagi teman-teman yang adalah seorang programmer handal mungkin tidak akan kesulitan dalam membuatnya. Ya saya pun bisa si sedikit-sedikit, tapi selain membuat program itu sayapun harus membuat laporan kerja praktek juga mulai dari latar belakang sampai penutup. kebetulan saya mendapatkan dosen pembimbing yang agak perfectionist jadi laporan kerja praktek pun harus sesuai dengan apa yang beliau inginkan. semangat saya sempat membara ketika deadline laporan kerja praktek akan segera habis. sebulan sebelum deadline saya berjuang untuk bimbingan tiap ada kesempatan. alhasil sampai di bab 3 laporan kerja praktek saya di acc. aplikasinya pun saya coba untuk kerjakan. tapi apa daya waktupun habis. saya terlalu santai ketika awal-awal waktu memulai bimbingan kerja praktek. dan akhirnya saya mengajukan perpanjangan 1 semester lagi untuk menyelesaikan laporan kerja praktek tersebut. agak sedih juga ketika kita lulus tidak tepat waktu, tapi saya mencoba menghibur diri menanamkan rasa tabah dan semangat karena hidup ini tidak hanya tentang kita lulus tepat waktu, kita pintar di sekolah/kampus, tapi bagaimana kita hidup. kita harus menjalani hidup dengan sukacita, tapi tetap dalam aturan agama. semangatpun menggebu, sehingga saya ingin segera memperbaiki bab 4 yang terus menerus revisi. dan ketika semangat itu ada tiba-tiba..... CPU saya mati, setelah dicek ternyata harddisknya yang rusak. saya pun berinisiatif untuk memperbaiki hard disk tersebut (walau pun dengan usaha membawanya ke tukang service). Namun harddisk tidak bisa terselamatkan katanya head hard disknya kena. jadi gak bisa diperbaiki. jleeeeb, "terus kalau direcovery datanya bisa?" tanya saya. "bisa mas, sambil menyodorkan list tarif recovery harddisk" dan saya lihat daftar harganya "anjriiiitt" 700ribu untuk recovery hard disk dengan kapasistas 320GB. "gak bisa diperbaiki tapi kok recovery data bisa",pikir saya. yes!! bisnis is bisnis.


Setelah itupun saya malas untuk melanjutkan mengerjakan Laporan kerja praktek saya dengan alasan data-data saya hilang dan saya harus memulai dari awal. mohon jangan ditiru yaa,hehe.. sekedar pesan dari saya. back up data-data kita tidak hanya di hard drive. tapi kan sekarang semua sudah cloud (awan) kita bisa simpan di hosting data gratis seperti di 4shared, mediafire, indowebster, ataupun email kita. itulah pengalaman (buruk) saya di semester akhir ini. minta do'anya biar bisa dapet mood lagi dan bisa lulus secepatnya. amiinn.....

No comments: